Keefektikan Model Pembelajaran Matematika Cooperative Learning Tipe STAD melalui Pemanfaatan Alat Peraga Matematika pada Materi Logaritma Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Pangkep
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran matematika cooperative learning tipe STAD melalui pemanfaatan alat peraga matematika pada materi logaritma di kelas X SMK Negeri 3 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimen terhadap 5 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas X SMK Negeri 3 Pangkep tahun ajaraan 2019/2020 metode pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket kepada kelas X Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB). Sedangkan metode observasi digunakan digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan RPP. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respon sisa terhadap model pembelajaran matematika tipe STAD melalui pemanfaatan alat peraga matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis inferensial . Dari hasil analisis deksriptif dapat dilihat hasil belajar siswa yaitu 88,74 siswa tuntas sehingga memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yakni 85% dari jumlah siswa. Hasil pengamatan persentase aktivitas memperoleh nilai 83%. Hasil angket respon siswa memperoleh nilai yaitu 86% dan nilai pada rerata pelaksanaan pengelolaan kegiatan pembelajaran memperoleh nilai 3,8 berada pada kategori baik. Berarti dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD melalui pemanfaatan alat peraga lebih efektif digunakan dalam proses belajar mengajar
References
Suhartina, 2017, Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Limas pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Minasatene.Skripsi. Stkip Andi Matappa. Pangkep
Pardomuan N.J.M. Sinambela, 2008, Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction), Generasi Kampus, Vol. 1 (2):27
Muhammad Fathurrohman, 2015, Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media, Jogjakarta