Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Realistik pada Siswa Kelas X Aljabar SMA Negeri 2 Pangkep

  • Syamsul Ardi SMAN 18 Pangkep
Keywords: Hasil Belajar, NHT, Realistik

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas X Aljabar SMA Negeri 2 Pangkep, penelitin ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XA SMA Negeri 2  Pangkep   melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan pendekatan realistik. Penelitian ini menggunakan disain penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XA SMA Negeri 18 Panggkep pada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 orang, analisi data dilakukan dengan analisis deskriptif meliputi rata-rata, median, modus dan katgorisasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pendekatan realistik  melalui model pembelajaran langsung dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa XA SMA Negeri 18 Pangkep dengan skor rata-rata hasil belajar Matematika siswa pada siklus I sebesar 77,75 dengan kategori “tinggi”. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan pada skor rata-rata 84.75 dengan kategori “tinggi”

References

Abdorakhman Ginting. 2010. Esesnsi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora
Ahmadi. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta
Gea, A. A. 2003. Relasi Dengan Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo
Hamalik. O. 2003. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara
Khusnul, K. 2006. Meningkatkan Kreatiivitas Siswa Kelas VII SMP 24 Pangkep. dalam Pendekatan Open Ended Problem. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Pangkep
Poerwadarminta, WJS &Wojowasito, S. 1980. Kamus Inggris Indonesia. Bandung: Hasta
Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suherman, H. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia: JICA
Welyati, A. 2005. Efektivitas pendidikan Open Ended dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 8 Pangkep. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Pangkep
Published
2020-05-15
How to Cite
Ardi, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Realistik pada Siswa Kelas X Aljabar SMA Negeri 2 Pangkep. Poligon: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). Retrieved from https://jurnal2.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/poligon/article/view/5
Section
Articles