Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Alat Peraga Lingkaran Trigon Pada Materi Trigonometri Kelas X MIA 1 SMAN 2 Pangkep

  • Wawan Frasetio STKIP Andi Matappa
Keywords: Alat Peraga Lingkaran Trigon, PTK

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Pangkep. Masalah utama dalam penelitian ini adalah; Apakah penggunaan alat peraga lingkaran trigon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri. Tujuan penelitian ini yaitu; Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri dengan menggunakan alat peraga lingkaran trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap 30 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas X (sepuluh) di SMA Negeri 2 Pangkep. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan alat peraga lingkaran trigon pada siklus I dari tes hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata siswa 62 meningkat menjadi 81,33 pada siklus II dan telah mencapai kategori hasil belajar yaitu  85% tuntas klasikal

References

Ahmad Susanto, 2016, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Kencana, Jakarta
Andi Hakim Nasution, 1992, Panduan Berpikir dan Meneliti Secara Ilmiah Bagi Remaja, Grasindo, Jakarta
Asep Jihad dan Abdul Haris, 2013, Evaluasi Pembelajaran, Multi Pressindo, Yogyakarta
Basuki dan Mukti, 2016, Pusat Sumber Belajar, Depdikbud, jakarta
Djamarah dan Syaiful Bahri, 2011, Prikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta
Eveline Siregar dan Hartini Nara, 2015, Teori Belajar dan Pembelajaran, Ghalia Indonesia, Bogor
Fauziah, 2015, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Tugas yang Menantang (Challenge Task), Jurnal Lemma, Vol 1(2): 1 – 9
Harjoko, 2014, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Pada Siswa Kelas V SD N Kedungjambal 02 Kab. Sukoharjo, Skripsi, Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Mirnawati, dkk, 2018, Penggunaan Alat Peraga Lingkar Santri (Lingkaran Satuan Trigonometri) Dalam Meningkatkan Pemehaman Konsep Matematika Siswa, Jurnal Riset Intervensi Pendidikan,Vol. 1(1): 34 – 35
Ngalim Purwanto, 2013, Evaluasi Pengajaran, Remaja Rosdakarya, Bandung
Ngatiman, 2012, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga Asli pada Siswa Kelas IV SDN 1 Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Lampung
Nurfadli, 2017, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Berbasis Media Powerpoint Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X Ilmu Sosial MAN Pangkep, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP ANDI MATAPPA, Pangkep
Rohma Noer, 2012, Psikologi Belajar, Teras, Yogyakarta
Rostina Sundayana, 2016, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika, Alfabeta, Bandung
Sang Gede Angga Wiguna dkk, 2016, Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V, Jurnal Pendidikan, Vol 4(1): 1 – 10
Siti Annisah, 2014, Alat Peraga Pembelajaran Matematika, Jurnal Tarbawiyah, Vol 11(1): 1 – 2
Sudijono, 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Rasa Grafindo Persada, Jakarta
Sugiyono, 2014, Metode Penenlitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D), Alfabeta, Bandung
Published
2020-04-02
How to Cite
Frasetio, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Alat Peraga Lingkaran Trigon Pada Materi Trigonometri Kelas X MIA 1 SMAN 2 Pangkep. Poligon: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61 - 73. Retrieved from https://jurnal2.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/poligon/article/view/4
Section
Articles