Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wingeom terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Pangkep

  • Indahsari Indahsari STKIP Andi Matappa
Keywords: Media Pembelajaran, Wingeom, Hasil Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Wingeom terhadap hasil belajar siswa dan metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Untuk teknik analisis datanya digunakan  2 teknik yaitu teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Wingeom sebesar 41,88 dengan nilai maksimum 62 dan nilai minimum sebesar 21 sedangkan skor rata-rata  hasil belajar matematika siswa sesudah penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Wingeom sebesar 82,88 dengan nilai maksimum 94 dan nilai minimum sebesar 75. Hasil ini menunjukan bahwa uji Regresi Linear Sederhana diperoleh persamaan y = 0,885 + 41,000x dan nilai Thitung (15,745) > Ttabel (2,059), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan nilai signifikansi 0,052. Selanjutnya pengujian dilakukan dengan uji Gain yang diperoleh nilai sebesar 0,705 berarti termasuk dalam kategori tinggi yaitu g > 0.7

References

Ek Ajeng Rahmi Pinahayu, dkk, 2018, Implementasi Aplikasi Wingeom Untuk Pegembangan Bahan Ajar di SMP, Jurnal PKM, Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 01 No (02) , 114-115
Erlinawaty Simanjuntak, 2015, Perbandingan Kemampuan Penalaran Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Wingeom, (Online)
Lava Himawan, 2017, Pengaruh Penggunaan Media Wingeom Terhadap Kemampuan Representasi Visual Siswa, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta
Novi Mayasari, 2016, Peningkatan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Program Komputer “Wingeom” Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Humaniora, Vol 04, No (01) , 457-458
Published
2020-04-02
How to Cite
Indahsari, I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wingeom terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Pangkep. Poligon: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29 - 44. Retrieved from https://jurnal2.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/poligon/article/view/3
Section
Articles