Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wingeom terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Pangkep
Abstract
Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Wingeom terhadap hasil belajar siswa dan metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Untuk teknik analisis datanya digunakan 2 teknik yaitu teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Wingeom sebesar 41,88 dengan nilai maksimum 62 dan nilai minimum sebesar 21 sedangkan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sesudah penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Wingeom sebesar 82,88 dengan nilai maksimum 94 dan nilai minimum sebesar 75. Hasil ini menunjukan bahwa uji Regresi Linear Sederhana diperoleh persamaan y = 0,885 + 41,000x dan nilai Thitung (15,745) > Ttabel (2,059), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan nilai signifikansi 0,052. Selanjutnya pengujian dilakukan dengan uji Gain yang diperoleh nilai sebesar 0,705 berarti termasuk dalam kategori tinggi yaitu g > 0.7
References
Erlinawaty Simanjuntak, 2015, Perbandingan Kemampuan Penalaran Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Wingeom, (Online)
Lava Himawan, 2017, Pengaruh Penggunaan Media Wingeom Terhadap Kemampuan Representasi Visual Siswa, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta
Novi Mayasari, 2016, Peningkatan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Program Komputer “Wingeom” Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Humaniora, Vol 04, No (01) , 457-458