Keefektifan Penggunaan Aplikasi Wingeom dalam Pemaparan Materi Pelajaran Dimensi Tiga

  • atira atira STKIP Andi Matappa
Keywords: Media, Pembelajaran, Wingeom, Keefektifan

Abstract

Tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah penggunaaan aplikasi Wingeom dalam pemaparan materi pelajaran dimensi tiga, (2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan penggunaan aplikasi Wingeom dalam pemaparan materi dimensi tiga, (3) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dengan pemaparan materi pelajaran dimensi tiga menggunakan aplikasi Wingeom, (4) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran dengan pemaparan materi pelajaran dimensi tiga menggunakan aplikasi Wingeom, (5)  Untuk mengetahui apakah aplikasi Wingeom efektif digunakan dalam pemaparan materi pelajaran dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap 27 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas XII MIA 1 di SMA Negeri 2 Pangkep. Pengumpulan data menggunakan instrument tes, angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dengan aplikasi Wingeom dalam pemaparan materi pelajaran dimensi tiga adalah baik, (2) Respon siswa saat proses pembelajaran berlangsung dengan penggunaan aplikasi Wingeom dalam pemaparan materi dimensi tiga adalah positif, (3) Aktivitas siswa saat proses pembelajaran berlangsung dengan pemaparan materi pelajaran dimensi tiga menggunakan aplikasi Wingeom adalah aktif, (4) Keterlaksanaan pembelajaran dengan pemaparan materi pelajaran dimensi tiga menggunakan aplikasi Wingeom adalah sangat baik, (5) Aplikasi Wingeom efektif digunakan dalam pemaparan materi pelajaran dimensi tiga

References

Arcat. (2014). Peningkatan Keamampuan Spasial siswa SMP melalui Model Kooperatif STAD berbantu Wingeom. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol 3 (1) Jakarta
Dwi Novitasari, dkk. (2015). Profil Kreativitas Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjauju Dari Kecerdasan Visual Spasial Dan Logis Matematika Pada Siswa SMA N 3 makassar, jurnal daya matematis. vol 3 (1)
Eka Ajeng Rahmi, dkk. (2018). Implementasi Aplikasi Wingeom untuk Pengembangan Bahan Ajar di SMP. jurnal PKM. Vol. 01 No. 02:112-121
Farid Agus Susilo. (2013). Peningkatan Efektivitas pada Proses Pembelajaran. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Surabaya
Harry Dwi Putra. (2011). Pembelajaran Geometri Dengan Pendekatan SAVI Berbantu Wingeom Untuk Meningkatakan Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP. jurnal vol.1
Ihsana El Khuluqo. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Imama Sabilah. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Soal Open- Ended Pada Metode Penugasan Disertai Pemberian Umpan Balik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3 (5):185
Inneke Rheyza Martha dan Rini Setianingsih. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif ditinjau dari Tipe Kecerdasan Musikal, Interpersonal, dan Logik Matematik pada Materi Perseegi dan Persegi Panjang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3 (1) : 105-106 Jakarta
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Kerjasama Perguruan Tinggi. Jakarta: Ani Nurdiani Azizah
Nora Fradhila, dkk. (2012). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Prrisma Dan Limas Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VII Semester Genap Smp Negeri 2 Kartasura . jurnal pendidikan matematika solusi vol.1 no.1
Published
2020-04-02
How to Cite
atira, atira. (2020). Keefektifan Penggunaan Aplikasi Wingeom dalam Pemaparan Materi Pelajaran Dimensi Tiga . Poligon: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1 - 15. Retrieved from https://jurnal2.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/poligon/article/view/1
Section
Articles