PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Rahmayanti Rahmayanti
  • Pattola Muhajir STKIP Andi Matappa
  • Abdul Wahid STKIP Andi Matappa
Keywords: Role Playing,keterampilan berbicara

Abstract

Abstrak:

Mengenai rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran  role playing  (bermain peran) Siswa kelas V SD Negeri 19 pacikombaja kelurahan labakkang, kecamatan labakkang, kabupaten pangkep. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 20 orang siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap setiap siklusnya, yaitu tahap perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.adapun tekhnik pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya hasil keterampilan berbicara siswa dapat dilihat dari lembar observasi lembar observasi keterampilan berbicara siswa, yaitu pada siklus I  sebanyak 15% meningkat pada siklus ke II  menjadi 85% dan memenuhi indikator keberhasilan. Sehingga terjadi peningkatan nilai dari siklus I ke siklus ke II dan tidak perlu dilakukan siklus ke III. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model role playing Dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia pembelajaran bermain drama dikelas V SD Negeri 19 Pacikombaja. Kelurahan labakkang kecamatan labakkang kabupaten pangkep.

Kata Kunci: Role Playing, Keterampilan Berbicara

Published
2022-08-31