MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

  • Harayana STKIP Andi Matappa
  • A. Erni Ratna Dewi STKIP Andi Matappa
  • Khaerun Nisa'a Tayibu STKIP Andi Matappa
Keywords: Course Review Horay, Keaktifan, Keterampilan Berbicara

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 32 orang siswa kelas V yang terdiri dari 16 orang siswa kelompok kontrol dan 16 orang siswa kelompok eksperimen di SD Negeri 2 Labakkang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap keaktifan dan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket (kuesioner), tes serta observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan : hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor keaktifan kelompok kontrol adalah 63,31 dan rata-rata skor keaktifan dari kelompok eksperimen adalah 70,18 Kemudian untuk analisis statistik deskriptif keterampilan berbicara siswa kelompok kontrol diperoleh rata-rata skor 26,94. dan rata rata skor keterampilan berbicara kelompok eksperimen adalah 28,44. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial : uji normalitas kelompok eksperimen pada keterampilan berbicara diperoleh  sig. 0.66 dan kelompok kontrol 0.09 Berarti α (0.66 > 0.05 dan 0.09 > 0.05) dan berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung 3.441 > t tabel 2.160 dan nilai sig. 0.007, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan berbicara terhadap Course Review Horay.

Published
2022-08-31