KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INTEGRATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Marwah muis STKIP ANDI MATAPPA
  • A. Aminullah Alam STKIP ANDI MATAPPA
  • Khaerun Nisa'a Tayibu STKIP ANDI MATAPPA
Keywords: Keterampilan Berbicara, Pendekatan Integratif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan integratif dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 219 Inpres Pannambungan Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 219 Inpres Pannambungan Kabupaten Sebanyak 30 orang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dengan menggunakan penerapan pendekatan  integratif mengalami peningkatan dari hasil observasi guru dan siswa pada Siklus I dan Siklus II. Berdasarkan Keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 219 Inpres Pannambungan Kabupaten Maros melalui penerapan pendekatan integratif mengalami peningkatan

Published
2022-08-31