Penerapan Model Inside Outside Circle Berbantuan Media Pop Up Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman

  • DEWI SARTIKA STKIP ANDI MATAPPA
  • A. Aztri Fithrayani Alam
  • Asriana Abdullah
Keywords: Inside outside circle model, kemampuan membaca pemahaman, media Pop up

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman SD Negeri 2 Segeri dengan menggunakan model Inside Outside Circle berbantuan media Pop Up. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Segeri,  yang berjumlah 20 siswa. Penelitian Tindakan dilakukan dalam tiga siklus yang pada tiap siklusnya terdapat lima tindakan yaitu 1) Survey (Penemuan fakta dan analisis), 2) Rencana umum (terdapat tindakan 1,2, dan tindakan 3), 3) Implementasi tindakan, 4) Pengaruh dan implementasi monitoring, dan 5) Survey (menjelaskan kegagalan implementasi efek. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes keterampilan membaca pemahaman, catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle  dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 2 Segeri. pada siklus 1 rata-rata nilai 44,4%, pada siklus II rata-rata nilai yang dicapai 73,15%, dan pada siklus III data yang diperoleh dengan nilai rata-rata 91,1%.

Published
2023-12-29