PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK

  • Agustini Halim STKIP Andi Matappa
  • A. Aztri Fithrayani Alam
  • Khaerun Nisa'a Tayibu
Keywords: Talking stick, keterampilan bercerita

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus terhadap 18 subjek penelitian yaitu siswa kelas III di SDN 21 Bontorannu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa melalui model Talking Stick pada siswa kelas III di SDN 21 Bontorannu. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen, lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan 44,4% (kurang) meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan 83,3% (baik), setelah penerapan model Talking Stick, hasil aktivitas siswa dan guru juga mengalami peningkatan dari rata-rata aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 66,66% (cukup) pada pertemuan 2 sebesar 74,07% meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase pada pertemuan 1 sebesar 85,18% (baik) dan pada pertemuan 2 sebesar 92,59% (baik). Kemudian peningkatan aktvitas guru dapat dilihat dari rata-rata persentase siklus I pada pertemuan 1 sebesar 80,55% (baik) pada pertemuan 2 sebesar 83,33% (baik) meningkat pada siklus II dengan persentase pada pertemuan 1 sebesar 88,88% (baik)  pada pertemuan 2 sebesar 91,66% (baik).

Published
2022-08-31