PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SDN 28 SAPUKA

  • Dian Eka Wardani STKIP Andi Matappa
  • Ahmad Budi Sutrisno STKIP Andi Matappa
  • Hasbahuddin STKIP Andi Matappa
Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Laerning

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang peningkatan hasil belajar siswa dengan
menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) Kelas IV SD Negeri 28
Sapuka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan
Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunkan pendekatan Tindakan Kelas terhadap 16 subjek
penelitian siswa kelas IV SD Negeri 28 sapuka. Pengumpulan data dengan
menggunakan instrumen dokumentasi, observasi dan tes hasil belajar. Analisis data
menggunakan persentase dan analisis klasikal. Siswa dengan menggunakan metode
Problem Based Laerning dapat meningkatkan hasil belajar siswa siklus I
pertemuan 1 dan 2 yaitu 71,75%, pada tes hasil belajar siswa siklus II pertemuan
1 dan 2 meningkat menjadi 85,31% dan memenuhi KKM, berdasarkan hasil
penelitian tindakan kelas disimpulkan bahwa: Peningkatan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Tematik di kelas IV mengalami penigkatan. Ketuntasan hasil
belajar siswa dapat di ketahui dari tes hasil belajar. Selain itu keaktifan siswa dalam
mengikuti pelajaran juga meningkat hal ini ditandai dengan meningkatnya
keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan
pendapat

Published
2022-08-31