PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING KELAS V
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelas V SD Negeri 29/4 Majannnag Kabupaten Pangkep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 29/4 Majannang sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki 17 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas guru dan siswa serta tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan. hasil ini terbukti dari pencapaian siklus I persentasenya sebesar 66,90% meningkat pada siklus II menjadi 88,15%. Demikian pula dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebesar 56,24% meningkat menjadi 85,41% di siklus II. Hal ini diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I persentasenya sebesar 39% meningkat pada siklus II menjadi 97%. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 29/4 Majannang.