PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAK PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ningsi Angriani STKIP Andi Matappa
  • A. Erni Ratna Dewi STKIP ANDI MATAPPA
  • Sri Rahayuningsih STKIP ANDI MATAPPA
Keywords: Model VAK, Hasil Belajar, PKN SD

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran VAK (viasualization, audiotory, kinesthetic) pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri 19 Pacikombaja. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan terhadap 20 subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 19 Pacikombaja. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa dan ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 56 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79,5 ketuntasan belajar siswa pada siklus I 45% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%.

Published
2022-08-31