PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS

  • Muhajira STKIP ANDI MATAPPA
  • A. Shyam Sarjani Alam STKIP Andi Matappa
  • Amrullah mahmud
Keywords: Hasil belar, CRH, Media

Abstract

Abstract: This study examines the Effect of the Horay Course Review Learning Model Assisted by learning Media on the Science Learning Outcomes of Ecosystem Materials for Class V SD Negeri 14 Bontotene. This study used an experimental approach to 27 research subjects who were fifth grade students at SD Negeri 14 Bontotene. Collecting data using learning outcomes test instruments and learning observations. Data analysis used descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis, namely normality test, hypothesis testing t-test, f test and Ngain test. The results showed that: The results of the descriptive analysis showed that the number of test scores for science learning outcomes for fifth grade students obtained an average score of 80.33 from a total sample of 27 students. While the median is 80.00, the mode is 80, the maximum value is 94, while the minimum value is 74 with a standard deviation of 6.070. the results showed that the category of student learning outcomes in this study was in the high category. The results of the observation of the percentage of learning activities obtained a value of 90%.

Keywords: Learning outcomes, CRH and media

Abstrak: Penelitian ini menelaah Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sains Materi Ekosistem Siswa Kelas V SD Negeri 14 Bontotene. Tujuan penelitian ini yaitu : untuk mengetahui Pengaruh Penerapan model pembelajaran course review horay berbantuan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Sains Siswa kelas V di SD Negeri 14 Bontotene. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 27 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas V di SD Negeri 14 Bontotene. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes hasil belajar dan observasi belajar. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu uji normalitas, uji hipotesis t-test, uji f dan uji Ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa jumlah skor tes hasil belajar sains siswa kelas V diperoleh skor rata-rata 80,33 dari jumlah sampel sebanyak 27 orang siswa. sedangkan median diperoleh sebesar 80,00, modus diperoleh sebesar 80, nilai maksimal sebesar 94 sedangkan nilai minimum sebesar 74 dengan standar deviasi sebesar 6,070. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori hasil belajar siswa dalam penelitian ini berada di kategori tinggi. Hasil pengamatan persentase aktivitas belajar memperoleh nilai 90%.

Kata Kunci: Hasil belajar, CRH dan media

Published
2022-04-21
Section
Articles