MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ICT

  • Raty Muhajir STKIP Andi Matappa
  • Andi Erni Ratna Dewi STKIP Andi Matappa
  • Firdha Razak STKIP Andi Matappa
Keywords: Media pembelajaran, Animas, ICT, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 12/30 Kanaungan. Yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan jumlah siswa 18 orangĀ  terdiri dari 7 laki-laki 11 perempuan di SD Negeri 12/30 Kanaungan, semester ganji tahun ajaran 2021/2022, dengan alur kerja refleksi diri yang berulang yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, perencanaan ulang dan seterusnya. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dari lembar observasi pada pelaksanaan terdiri atas 2 aspek yang diamati, mengalami peningkatan pada siklus II dan dapat dilihat dari tes siklus I terdapat 56% siswa tuntas belajar yang mencapai 70 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100 dengan rata-rata 61.67% dan hasil tes siklus II terdapat 88.9% siswa tuntas belajar yang mencapai 70 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100, dengan rata-rata 87.8%, sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 12/30 Kanaungan mengalami peningkatan 27.11%. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran animasi berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3.

Published
2022-04-04
Section
Articles