Penerapan Psikodrama sebagai Teknik Bimbingan Kelampok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Kelas X SMA Negeri 20 Pangkep

Application of Psychodrama as a Kelampok Guidance Technique in Increasing Student Confidence in Class X SMA Negeri 20 Pangkep

  • Arnida STKIP Andi Matappa
  • Hasbahuddin
  • Rasak Toro
Keywords: Psikodrama sebagai teknik bimbingan kelompok, kepercayaan diri siswa dan pendekatan kuantitatif.

Abstract

Penerapan Psikodrama sebagai Teknik Bimbingan Kelampok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Kelas X SMA Negeri 20 Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Hasabuddin, S.Pd,. M.Pd dan Drs. H. Rasak Toro. Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Studi Bimbingan dan Konseling Strata Satu (S1). STKIP Andi Matappa Pangkep.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran kepercayaan diri siswa setelah diterapkan psikodrama sebagai teknik bimbingan kelompok di kelas X SMA Negeri 20 Pangkep?; (2) Apakah ada pengaruh penerapan psikodrama sebagai teknik bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa di kelas X SMA Negeri 20 Pangkep?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa setelah diterapkan psikodrama sebagai teknik bimbingan kelompok di kelas X SMA Negeri 20 Pangkep; dan (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan psikodrama sebagai teknik bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa di kelas X SMA Negeri 20 Pangkep.

 

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah pre eksperimen designs. Variabel penelitian ini adalah variabel independen (bebas) yaitu psikodrama sebagai teknik bimbingan kelompok dan dependen (terikat) yaitu kepercayaan diri siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest posttest. Teknik dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa sebelum diterapkan psikodrama sebagai teknik bimbingan kelompok berada dalam kategori sedang (S) dan kepercayaan diri siswa setelah diterapkan psikodrama sebagai teknik bimbingan kelompok berada dalam kategori tinggi (T). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan psikodrama sebagai teknik bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 20 Pangkep.

References

Angelis, Barbara De. 2013. Confidence (Percaya Diri), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azwar, S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi Edisi I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Feist, J. & Feist, G. 2016. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.
Goleman, Daniel. 2015. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Prestasi. Jakarta: Gramedia.
Hakim, Thursan. 2015. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa Swara.
Hendarno, Eddy. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: Bina Putra.
Prawitasari, J. E. 2013. Psikologi Klinis.
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Prayitno, 2014. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Edisi Revisi. Padang: Ghalia Indonesia.
Putra, Aksara. 2014. Drama Teori dan Pementasan. Yogyakarta: PT. Citra Aji Pratama.
Rakmat, Jalaludin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Romlah, Tatiek. 2016. Teori dan Praktek Bimbingan kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut. 2015. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.
Winkel dan Hastuti, Sri. 2015. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Published
2020-04-25
Section
Articles