Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa

  • Abdul Rabbani Ardhin Ikhwan STKIP ANDI MATAPPA
  • Muh.Ilham Bahtiar STKIP Andi Matappa
  • Ahmad Yusuf STKIP Andi Matappa
Keywords: Role Playing, Kepercayaan Diri

Abstract

Abstrack: Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepercayaan diri mahasiswa, dengan sampel penelitian sebanyak 10 orang mahasiswa STKIP Andi Matappa. Pendekatan penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Kepercayaan diri mahasiswa meningkat setelah diberikan teknik bermain peran (role playing) yang awalnya berada pada taraf rendah dan setelah diberikan perlakuan maka kepercayaan diri mahasiswa meningkat, hal ini berarti bahwa semakin sering dilakukan teknik bermain peran (role playing) maka akan dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa T. A 2019/2020 STKIP Andi Matappa Pangkep. 2) Ada pengaruh signifikan penerapan teknik bermain peran (role playing) pada mahasiswa Tahun Akademik 2020 STKIP Andi Matappa Pangkep.


Kata kunci: Role Playing, Kepercayaan Diri

References

Ahmad Juntika Nurikhsan dan Aswan Zain, 2013, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, PT Reflika Aditama, Bandung
Ahmad Sabri, 2015, Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching, Quantum Teaching, Ciputat
Syaiful Bahri Djamarah & Azwan Zain, (2013), Evaluasi Pembelajaran, Remaja Rosdakarya, Bandung

Desmita, 2014, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, PT Rosdakarya, Bandung
Dewa Ketut Sukardi, 2013, Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta
Ekawarna, 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Gaung Persada
Hakim, 2014, Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, Puspa Swara, Jakarta
Hamdani, (2011), Strategi Belajar Mengajar, CV Pustaka Setia, Bandung
Lie, 2010, Cooperative Learning, Garmedia Widiasarana Indonesia, Jakarta
Luxori, 2012, Percaya Diri, Khalifa, Jakarta.
Mastuti, I. 2008. 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta : Hi-Fest Publishing
Nur Gufron & Rini Risnawati, 2014, Teori-Teori Konseling, Bina aksara Jakarta
Ririn, 2011, Pemanfaatan game dalam pendidikan anak (makalah), Yogyakarta.
Oemar Hamalik, 2011, Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara, Jakarta
Prayitno, 2012, Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok, Universitas Negeri Padang Padang
Roestiyah N.K, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, cet, ke- 6, Jakarta
Sagala, Saiful, 2012, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta
Santrock, J W, 2011, Adolesence (Perkembangan Remaja), Erlangga, Jakarta
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dan R & D, CV Alfabeta, Bandung
Sukardi, 2013, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Rajawali Press. Jakarta
Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian, PT Asdi Mahasatya. Bandung

Uno Hamzah, 2011, Psikologi Sosial, Balai Pustaka, Jakarta
Published
2022-04-15
Section
Articles