Pengaruh Penerapan Konseling REBT Untuk Mereduksi Nomophobia Siswa SMK Negeri 7 Pangkep

  • Syamsurya MZ STKIP Andi Matappa
  • Ahmad Yusuf STKIP Andi Matappa
  • Hj Harmini Abbas STKIP Andi Matappa
Keywords: Konseling REBT, Nomophobia

Abstract

Pengaruh Penerapan Konseling REBT Untuk Mereduksi Nomophobia Pada
Siswa SMK Negeri 7 Pangkep. Tujuan dari peneltian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui
gambaran penerapan konseling Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) untuk
mereduksi nomophobia di SMK 7 Pangkep. 2) Untuk mengetahui gambaran perilaku
nomophobia siswa SMK 7 Pangkep sebelum dan sesudah diberikan teknik REBT. 3) Untuk
mengetahui ada pengaruh penerapan Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) untuk
mereduksi perilaku nomophobia di SMK 7 Pangkep, Jenis penelitian yang di gunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen,
dimana jumlah populasi berjumlah 112 siswa dan jumlah sampel 20 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrument angket
yang telah diuji validitas dan reabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif,
analisis statistik inferensial dan uji z. Berdasarkan hasil statistik perhitungan uji Wilcoxon
signed ranks test menggunakan bantuan program SPSS versi 20, maka diperoleh Nilai Z yaitu
3.924 dengan p-value (Asymp Sig. (2-tailed)) yaitu 0,000 < 0.05, sehingga H0 ditolak, maka
disimpulkan bahwa terjadi penurunan nomophobia Siswa setelah mengikuti layanan
konseling kelompok dengan teknik Rational Emotional Behavioral Teraphy (REBT). Hal ini
berarti bahwa penerapan teknik Rational Emotional Behavioral Teraphy (REBT) dapat
mereduksi nomophobia siswa SMK Negeri 7 Pangkep.
Kata Kunci: Konseling REBT, Nomophobia.

References

Bakhrudin All Habsy Model Konseling Kelompok Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMK,” Perspektif Ilmu Pendidikan 31, no. 1(2017) hal.24
Bivin, J. B. (2013). Nomophobia: A Study to Understand the Phenomenon and to Assess Its Correlation with Anxiety and Personality Factors. International Journal of Social Science and Humanity, 3(1), 44-49.
Divya, R., Ashok, V., & Rajajeyakumar, M. (2019). Nomophobia: The Invisible Addiction. Psychology and Behavior Science, 10(4), 1–2.
Eva Kartika Wulan Sari, Keefektifan Konseling Kelompok REBT Untuk Meningkatkan Self Esteem Mahasiswa. Jurnal Vol. 1 No. 2 April 2016.
Paramita, T., & Hidayati, F. (2016) Smartphone Addiction ditinjau dari Alienasi pada Siwa SMAN 2 Majalengkan. Jurnal Empati 858-862
Sartika, Dewi & Hartanto, Dody & Fauziah, Mufied & Kuswindarti, (2022). UPAYA MENGURANGI NOMOPHOBIA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY (REBT) TEKNIK SELF MANAGEMENT. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling. 4. 77-86. 10.24905/jcosev 4i2.97.
Sugiyono, (2017): Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2024-02-14
Section
Articles