Pengembangan Media To Do List Activities Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Mahasiswa STKIP Andi Matappa

  • Muliani STKIP Andi Matappa
  • Hasbahuddin STKIP Andi Matappa
  • Muh. Ilham Bakhtiar STKIP Andi Matappa

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan media kegiatan melakukan daftar
melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar pada mahasiswa STKIP
Andi Matappa. Permasalahan pokok penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran
kebutuhan mahasiswa akan layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kebosanan
mahasiswa di ruang belajar STKIP Andi Matappa, (2) Bagaimana gambaran media
melakukan panduan kegiatan daftar yang diterima melalui uji kelayakan, uji kegunaan, dan
uji ketepatan dalam mengatasi kebosanan belajar mahasiswa Stkip Andi Matappa, (3)
Bagaimana efektivitas media melakukan kegiatan daftar melalui bimbingan kelompok untuk
mengurangi kebosanan belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan
kebutuhan mahasiswa akan layanan konseling kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar
mahasiswa STKIP Andi Matappa, (2) Untuk mendeskripsikan deskripsi pedoman konseling
kelompok dengan menggunakan media melakukan daftar kegiatan yang diterima melalui uji
kelayakan, uji kegunaan, dan uji akurasi dalam mengatasi kejenuhan belajar mahasiswa
STKIP Andi Matappa, dan (3) Untuk mengetahui keefektifan media melakukan kegiatan
daftar untuk mengurangi kebosanan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian
pengembangan terhadap 8 subjek penelitian yang merupakan mahasiswa Bimbingan dan
Konseling semester 5 STKIP Andi Matappa angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan
teknik pengumpulan data observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini berupa
panduan konseling kelompok melalui media melakukan aktivitas list. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok melalui media to do list aktifitas sangat
dibutuhkan di STKIP Andi Matappa, maka dikembangkanlah panduan untuk membantu
dosen bimbingan dan konseling dalam mengurangi kebosanan belajar mahasiswa dengan
empat sesi kegiatan dimana setiap tahapan kegiatan menyajikan materi, refleksi dan lembar
kerja. Dan berdasarkan seluruh kegiatan penilaian uji akseptabilitas (kegunaan, kelayakan,
ketepatan dan isi materi) uji kelompok kecil dengan menggunakan statistik uji Wilcoxon,
maka bimbingan konseling kelompok melalui media to do list aktivitas sangat efektif dalam
mengurangi kebosanan belajar pada siswa. Mahasiswa STKIP Andi Matappa.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kegiatan To Do List, Kejenuhan Belajar

Published
2024-02-14
Section
Articles