Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kebiasaan Nomophobia Behavior di SMPN 1 Pangkep

  • Nur Rara Amiati Hamir
  • Hasbahuddin
  • A. Aztri Fithrayani
Keywords: Kata kunci : Konseling kelompok dengan teknik cognitive behavior therapy (CBT) , nomophobia

Abstract

Abstrack: Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran Nomophobia siswa di SMP Negeri 1 Pangkajene, (2) Untuk mengetahui apakah Cognitive-Behavior Therapy (CBT) dapat berpengaruh terhadap kebiasaan Nomophobia siswa di SMP Negeri 1 Pangkajene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 405 orang siswa, yang terdiri atas 200  laki-laki dan 205 perempuan. Sampel dipilih secara purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 8 orang siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh konseling kelompok dengan teknik  Cognitive behavioral therapy (CBT) terhadap perilaku kebiasaan siswa Nomophobia kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene  tahun pelajaran 2019/2020 berdasarkan perhitungan  uji-z dengan perbandingan Zhitung > Ztabel (14,7 > 1,95). Artinya bahwa Terdapat pengaruh perubahan positif dan signifikan perilaku Nomophobia yang di alami oleh siswa melalui kegiatan konseling kelompok dengan Cognitive behavioral therapy (CBT). (2) Gambaran perilaku Nomophobia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene sebelum dan setelah diberikan Cognitive behavioral therapy (CBT) sebagai pendekatan konseling kelompok berada pada kategori tinggi dan setelah diberikan Cognitive behavioral therapy (CBT) sebagai pendekatan konseling kelompok berada pada kategori rendah. Artinya terjadi penurunan perilaku tingkat kebiasaan Nomophobia pada siswa setelah diberikan Cognitive behavioral therapy (CBT) sebagai pendekatan konseling kelompok.

Abstrack: The purpose of this study are: (1) To find out the picture of Nomophobia students in SMP Negeri 1 Pangkajene, (2) To find out whether Cognitive-Behavior Therapy (CBT) can affect the habits of Nomophobia students at SMP Negeri 1 Pangkajene. Data collection techniques used were questionnaire, interview, observation. The population in this study amounted to 405 students, consisting of 200 men and 205 women. The sample was selected by purposive sampling with a total of 8 students. The results showed that: (1) There was an effect of group counseling with Cognitive behavioral therapy (CBT) techniques on the habitual behavior of Nomophobia students in class VIII of SMP Negeri 1 Pangkajene in the academic year 2019/2020 based on z-test calculations with the Z-computation> Ztable (14.7) > 1.95). This means that there are significant positive and significant changes in Nomophobia behavior experienced by students through group counseling activities with cognitive behavioral therapy (CBT). (2) The description of Nomophobia behavior in grade VIII students of SMP Negeri 1 Pangkajene before and after being given Cognitive behavioral therapy (CBT) as a group counseling approach is in the high category and after being given Cognitive behavioral therapy (CBT) as a group counseling approach is in the low category. This means that there is a decrease in the behavior level of Nomophobia habits in students after being given cognitive behavioral therapy (CBT) as a group counseling approach.

 

References

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Beck, A. T. (1964). Thinking and Depression: II. Theory and Therapy, Archives of General Psychiatry, 10, 561-571
Davidson, G.C. Neale, J .M. Dan Kring, A.M.2006.Psikologi Abnormal. Edisi ke-9.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
King, 2013 Dependency on virtual environments or social phobia. 141.
King, A.L.S., Valenca, A.M., Cardos, A.,& Nardi,, A.E(2010). Nomphobia.’The Mobile phone in Panic Disorder with Agoraphobia. Cog Behav Neurol, 23, (1), 52-52.
King, A.L.S. etc. all. 2014. ―Nomophobia‖: Impact of Cell Phone Use Interfering with Symptoms and Emotions of Individuals with Panic Disorder Compared with a Control Group. Journal of Clinical Practice & Epidemiology in Mental Health, 10: 28-35.
Mayasari, L. (2012). Tidak Bisa Jauh dari Ponsel? Anda Mungkin Menderita Nomophobia.
McLeod, John. (2006). Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus. Alih Bahasa oleh A.K. Anwar. Jakarta: Kencana.
Notoatmojo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
Oemarjoedi, A. Kasandra. (2003). Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi. Jakarta: Kreativ Media.
Pavithra, M. B., Madhukumar, S., & Mahadeva, M. (2015). A study on nomophobia-mobile phone dependence, among students of a medical college in Bangalore. National Jurnal of Community Medicine, 6(3), 340-344.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Yildirim, Caglar, “Exploring the Dimensions of Nomophobia: Developing and Validating a Questionnaire Using Mixed Methodsresearch” (2014). Graduate Theses and Dissertations. Paper 14005
Published
2020-04-25
Section
Articles