Efektivitas Teknik Self Instruction Untuk Menumbuhkan Etika Pergaulan Pada Mahasiswa STKIP Andi Matappa

  • Santi Anwar STKIP ANDI MATAPPA
  • Pattola Muhajir STKIP Andi Matappa
  • Hasbahuddin STKIP Andi Matappa
Keywords: Teknik Self Instruction. Etika Pergaulan pada Mahasiswa

Abstract

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dengan sampel
penelitian sebanyak 10 mahasiswa yang tersebar di 4 kelas. Jenis penelitian adalah penelitian
kuantitatif, hipotesis dalam penelitian yang berbunyi “Efektivitas teknik Self Intruction dapat
meningkatkan etika pergaulan pada mahasiswa di STKIP Andi Matappa”. dapat ditarik
kesimpulan bahwa: 1) Gambaran pelaksanaan teknik Self Intruction pada mahasiswa di STKIP
Andi Matappa mengalami peningkatan dimana terlihat pada saat pelaksanaan observasi pada
awal pelaksanaan teknik self instruction siswa kurang antusias akan tetapi setelah beberapa kali
pelaksanaan siswa mulai terlihat antusias mengikuti kegiatan. 2) Gambaran etika pergaulan
mahasiswa sebelum diberikan teknik self instruction berada pada taraf kategori “Rendah” akan
tetapi setelah diberikan teknik self instruction meningkat pada kategori “Tinggi”. 3) Ada
pengaruh teknik Self Intruction dalam menumbuhkan peningkatan etika pergaulan mahasiswa
di STKIP Andi Matappa.
Kata Kunci: Teknik Self Instruction, Etika Pergaulan pada Mahasiswa

References

Abdulah Idi. 2011, Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal Psokologi.
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Burhanudin Salam 2017 Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetak Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Coornier, S, & Nurius, S.P. 2003, Interviewing And Change Strategises For Halper. USA: Brooks/Cole
Corey, Gererd. 2001. Konseling dan Psikoterapi. Grafika. Jakarta
Eko Darminto, 2000, Terapi Relaksasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar & Unit Publikasi Fakultas Psikologi UGM.
H.A Mustafa, 2012, Psikologi Olahraga: Latihan Keterampilan Mental Dalam Olahraga Kompetitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Komarudin. 2015. Monty P. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lukas & Rumsari. 2006. Etika di Tempat Kerja. Yogyakarta:
Poerwadarminto, 2009, Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002). Dapartemen Pendidikan Nasional Edisi ke -3. Balai Pustaka, Jakarta. Gramedia.
Romlah, Tatiek. 2006. Teori Dan Praktek Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang.
Safaria, Triantoro. 2004. Terapi dan Konseling Gesalt. Graha Ilmu. Jogjakarta
Soergarda Poerbakawatja, 2016, Kesehatan Mental dalam Kehidupan. Rineka Cipta, Jakarta
Strike dan Soltis.2007: Etika Profesi Kependidikan: Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma
Subandi. 2002. Psikoterapi. Pustaka pelajar offset. Jogjakarta
Sugiono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan.: Alfabeta. Bandung
Published
2024-02-14
Section
Articles