Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interkasi Sosial Siswa Di SMP Negeri 1 Bunggoro

  • Mardiana STKIP ANDI MATAPPA
  • A.Aminullah Alam
  • Hasbahuddin
Keywords: Penggunaan Gedget, Interaksi Sosial

Abstract

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi, dengan objek penelitian sebanyak 2 orang dari kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Bungoro. jeni penelitian yang di pergunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif. berdasarkan hasil penelitian, maka hasil penelitian ini adalah 1) gambaran perilaku sosial yang dialami oleh IZ dan MN adalah akibat terlalu sering menggunakan gadget IZ dan MN jarang berkumpul dan bermain dengan teman-temannya dan lebih asik denagn bermain gadget sehingga mempengaruhi sosialnya dan tidak lagi peduli dengan orang lain. 2) dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial siswa. masalah-masalah yang dihadapi oleh kasus IZ dan MN adalah kecanduan menggunakan gadget yang disebabkan dimana tuntunan jaman dimana siswa merasa tidak moderen jika tidak mengikuti perkembangan zaman tersebut seperti main game online, chatingan atau video call, serta dalam hal pembelajaran IZ dan MN ketinggalan pelajaran yang diakibatkan karena dirumah tidak lagi belajar dia lebih memperhatikan gadgetnya dibandingkan pelajarannya apalagi berteman di duni maya sehingga melupakan segala bentuk hubungan dengan teman-teman sebagai hubungan sosialnya.3) solusi untuk mengatasi dampak penggunaan gadget. bentuk penangananan siswa yang kecanduan gadget yaitu dengan membantu siswa untuk dapat membagi waktu dengan baik kemudian mengajarkan cara beralih ke aktivitas lain agar tidak terlalu fokus pada gadget selanjutnya menjaga kehidupan sosialnya dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, berusaha untuk tidak mengandalkan kemampuan gadget, memasang aplikasi yang bersikap edukatif, memberikan pemahaman cara penggunaan gadged dengan baik, membuat peraturan yang tegas terhadap pelanggaran teknologi dan penyuluhan. kata kunci: penggunaan gadget terhadap interaksi sosial.

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial

The type of qualitative research based on the results of the study, the results of this study are 1) the description of social behavior experienced by IZ and MN is the result of using the gadget too often IZ and MN ralely get together and play with friends and are more angrossed in playing gadgets that  affech social interaction and no longer care about other people. 2) the impach of using gadgets on studets' social interactions . the promblens facet  by the cases of IZ  and MN are addicted to using gadgets that are caused  where the guidence of the times such as playing online games, chattingan or vidio callls and in terms of learning IZ and MN missed lessons which is caused because at home no lounger learns but he pays more  attention to his gadgets compared to his lessons let alone frieans in cyberspace so that he together al forms of relationships with friens as social relations, 3) solutions to overcome the impact of using gadgets. the form of handing studens who are addicted to gadgets  is by helping students to be able to dlivide their time well than teaching hau to be expert in oudher activites soas not to focus too much on gadgets and then maintain their social life with those around them, trying not to rely n the ability of gadgets, installing applications that are educations provide an understanding of how to use gadgets proporly, make strit regulations against violations of technology ang counseling.

keywords: the use of gadgets,  social interaction.

 

References

DAFTAR RUJUKAN ,
Agustina. Luwe. (2010) materi struktur sosial dan mobilitas sosial. rajawali pers, jakarta
bonner,yushadi. 2014, interaksi sosial, (jurnal online). diakses dari http//eojurnal.umm.ac.id/index.php/job/artikel/ viw-file/1842/1940.htm.LL(1)
Darmansyah,2013, gadget sudah menjadi wabah pengganggu, di unduh pada
Eva trisnawati, 2014, pengaruh gadget pada remaja. http://2014//02/01 evatrisnawati. pengaruhgadgetpadaremaja.blospot.co.id/sumber(sumber; sosiologi,hal;68-71,penerbit: phibeta2006.jakarta, penulis; sabtono)
garungan, 2008 psikologi sosial,ereskojakarta
koiruddin,erik dkk.2011 panduan praktis memilih dan membeli blacberry gramediatama, jakarta
kunroco, eri dkk.2009.life one blacberry multikom, yokyakarta
masdin, 2012, new media dan degradasi nilai-nilai sosial, di unduh pada hari
naisbitt, j.,naisbitt,n.,& plips d.,(2002;46) high touch, pencarian makna ditengah perkembangan pesat tekhnologi, terjemahan dian r basuki,bandung;mjan media utama.
naning. 2009. god.co.id(bisika bagi pengguna gadget).kanisius,yogyakarta
panji ismail.(2013) kamus besar bahasa indonesia jakarta; gramedia pustaka utama
robert k yin,2011, studi kasus desain dan metode, rajawali pers, malam
soejono, soekanto(2014) sosiologi suatu pengantar. jakarta; pt rajagrafindo persada
sugiono,2013, metode penelitian kuantitatif kwalitatif dan r&d. alfabeta bandung
widyawati, L,sugiman,h&edi. 2014 pengaruh penggunaan gadget terhadap daya kembang anak. jakarta; universitas budi luhur e-journal keprawatan, 6,1-6
yusnadi 2014.hubungan interaksi sosial. medan: penerbit unimed press
Published
2022-02-15
Section
Articles