Penerapan Teknik Kursi Kosong (Empty Chair) untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa di SMA Negeri 2 Pangkep
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian single subjek research (SSR) terhadap seorang siswa (PP) yang mengalami harga diri rendah yang perlu untuk segera diberi bantuan guna mengentaskan masalahnya yaitu meningkatkan harga dirinya. Fokus penelitian ini yaitu : bagaimana pengaruh teknik kursi kosong untuk meningkatkan harga diri siswa di SMA Negeri 2 Pangkep dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh teknik kursi kosong untuk meningkatkan harga diri siswa di SMA Negeri 2 Pangkep. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil angket sebelum melaksanakan treatment penerapan teknik kursi kosong menunjukkan PP memiliki harga diri rendah dan setelah treatment maka hasil angket menunjukkan PP sudah memiliki harga diri positif dan observasi juga diberikan untuk melihat perilaku PP sebagai gambaran tingkat harga dirinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek PP mengalami kecenderungan harga diri yang rendah dimana penyebabnya adalah adanya tindakan tidak menyenangkan dari teman-teman PP seperti mengucilkan PP yang menyebabkan PP merasa tidak memiliki teman disekolah yang mengakibatka PP tidak percaya diri dalam proses pembelajaran. Setelah dilaksanakan teknik kursi kosong pada PP mulai berubah, PP sudah menunjukkan karakteristik siswa yang memiliki harga diri positif.
References
Ana Fitrianti, 2016, Efektifitas Penggunaan Media Big Books Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas Dasar I Di SLB Widya Mulia Pendong Bantul Yogyakarta,Jurnal Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta
Arikunto, 2013, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta
Baron R, &Bryne, D, 2012, PsikologiSocia, Erlangga. Jakarta
Burn, R.B.19933, Konsep Diri : Teori, Pengukuran, Perkebangan dan Perilaku. Jakarta, Arcan
Coopersmith S, 1967, The Antecedents of Self-Estem. San Fransisco, Freeman and Company
Fitria, 2013, Laporan Pendahuluan TentangMasalah Psikososia, Salemba Medika,Jakarta
Geralt Corey, 2005, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, PT RefikaAditama, Bandung
-----------------2009, TeoridanPraktekKonselingdanPsikoterapi, PT ERESCO, Bandung
-----------------2010, Teori Dan Praktek Dari Konseling Dan Psikoterapi, PT RefikaAditama, Bandung
Jones Insasno, 2004, BimbingandanKonseling, Jakarta: Ciputat Press
M.A, Subandi, 2010, Psikoterapi. Unit PublikasiFakultasPsikologi UGM, PustakaPelajar
SarlitoW.Sarwono, 200, BerkenalanDenganAliran-alirandanTokoh-tokohPsikologi, Jakarta: PT.BulanBintang
Santrock, 2012, Life-Span Development (PerkembanganMasaHidupEdisi 13 Jilid I,
Penerjemah: Widyasinta, B), Erlangga, JakartaSarlitoW.Sarwono, 2002, Berkenalan DenganAliran-Aliran Dan Tokoh-TokohPsikolog,BulanBintang, Jakarta
Sugiono, 2015, MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatifdan R&D,Alfabeta, Bandung
------------2005, MemahamiPenelitianKualitatif, Bandung: ALFABET
Sunanto, dkk 2006, PenelitianDenganSubjektunggal, Bandung: UPI Press
TriantoroSafaria, 2013, TerapidanKonseling Gestalt, GrahaIlmu, Yogyakarta
Willis Srisayekti, 2015, HargaDiri (Self Esteem) TerancamdanPerilakuMenghindar,
JurnalPsikolog, UniversitasGadjahMada, Yogyakarta
Yusvidha Ernata, 2017, Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishent di SDN Ngarinan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar, Jurnal Pemikiran dan Pengembana SD, IKIP, Malang