Penerapan Teknik Kursi Kosong (Empty Chair) untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa di SMA Negeri 2 Pangkep

  • Muhammad Yusuf Subarti Stkip Andi Mattapa
  • Ahmad Yusuf
  • Muh.Ilham Bahtiar
Keywords: Teknik Kursi Kosong, Harga Diri Siswa

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian single subjek research (SSR) terhadap seorang siswa (PP) yang mengalami harga diri rendah yang perlu untuk segera diberi bantuan guna mengentaskan masalahnya yaitu meningkatkan harga dirinya. Fokus penelitian ini yaitu : bagaimana pengaruh teknik kursi kosong untuk meningkatkan harga diri siswa di SMA Negeri 2 Pangkep dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh teknik kursi kosong untuk meningkatkan harga diri siswa di SMA Negeri 2 Pangkep. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil angket sebelum melaksanakan treatment penerapan teknik kursi kosong menunjukkan PP memiliki harga diri rendah dan setelah treatment maka hasil angket menunjukkan PP sudah memiliki harga diri positif dan observasi juga diberikan untuk melihat perilaku PP sebagai gambaran tingkat harga dirinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek PP mengalami kecenderungan harga diri yang rendah dimana penyebabnya adalah adanya tindakan tidak menyenangkan dari teman-teman PP seperti mengucilkan PP yang menyebabkan PP merasa tidak memiliki teman disekolah yang mengakibatka PP tidak percaya diri dalam proses pembelajaran. Setelah dilaksanakan teknik kursi kosong pada PP mulai berubah, PP sudah menunjukkan karakteristik siswa yang memiliki harga diri positif.

 

References

DAFTAR RUJUKAN

Ana Fitrianti, 2016, Efektifitas Penggunaan Media Big Books Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas Dasar I Di SLB Widya Mulia Pendong Bantul Yogyakarta,Jurnal Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta
Arikunto, 2013, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta

Baron R, &Bryne, D, 2012, PsikologiSocia, Erlangga. Jakarta

Burn, R.B.19933, Konsep Diri : Teori, Pengukuran, Perkebangan dan Perilaku. Jakarta, Arcan

Coopersmith S, 1967, The Antecedents of Self-Estem. San Fransisco, Freeman and Company


Fitria, 2013, Laporan Pendahuluan TentangMasalah Psikososia, Salemba Medika,Jakarta


Geralt Corey, 2005, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, PT RefikaAditama, Bandung
-----------------2009, TeoridanPraktekKonselingdanPsikoterapi, PT ERESCO, Bandung
-----------------2010, Teori Dan Praktek Dari Konseling Dan Psikoterapi, PT RefikaAditama, Bandung

Jones Insasno, 2004, BimbingandanKonseling, Jakarta: Ciputat Press

M.A, Subandi, 2010, Psikoterapi. Unit PublikasiFakultasPsikologi UGM, PustakaPelajar

SarlitoW.Sarwono, 200, BerkenalanDenganAliran-alirandanTokoh-tokohPsikologi, Jakarta: PT.BulanBintang

Santrock, 2012, Life-Span Development (PerkembanganMasaHidupEdisi 13 Jilid I,
Penerjemah: Widyasinta, B), Erlangga, JakartaSarlitoW.Sarwono, 2002, Berkenalan DenganAliran-Aliran Dan Tokoh-TokohPsikolog,BulanBintang, Jakarta




Sugiono, 2015, MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatifdan R&D,Alfabeta, Bandung
------------2005, MemahamiPenelitianKualitatif, Bandung: ALFABET

Sunanto, dkk 2006, PenelitianDenganSubjektunggal, Bandung: UPI Press

TriantoroSafaria, 2013, TerapidanKonseling Gestalt, GrahaIlmu, Yogyakarta

Willis Srisayekti, 2015, HargaDiri (Self Esteem) TerancamdanPerilakuMenghindar,
JurnalPsikolog, UniversitasGadjahMada, Yogyakarta

Yusvidha Ernata, 2017, Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishent di SDN Ngarinan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar, Jurnal Pemikiran dan Pengembana SD, IKIP, Malang
Published
2020-04-25
Section
Articles